Ads

Diberdayakan oleh Blogger.

infoterkini

Kamis, 23 April 2015

Ini penemu tongsis pertama di dunia, bukan dari Indonesia


Merdeka.com - Tongsis atau tongkat narsis sangat populer di Asia, terutama Indonesia dalam beberapa tahun ini. Namun, sejatinya tongsis sudah ada sejak tiga puluh tahun silam, dan pria ini penemunya.
Hiroshi Ueda, pria asal Jepang diketahui sebagai orang pertama yang mematenkan tongsis di tahun 1983. Hiroshi ketika itu bekerja sebagai insinyur di perusahaan kamera Minolta.
Ide penemuan tongsis itu bermula saat Hiroshi dan keluarganya kesulitan melakukan foto bersama ketika berlibur di Eropa. Bahkan, saat berada di Paris, kameranya dicuri seorang anak kecil yang dimintai tolong Hiroshi untuk memotret dirinya dan keluarganya.
Setelah pulang ke Jepang, Hiroshi menciptakan tongkat besi yang bisa diperpanjang dengan sebuah kamera film di ujungnya. Hiroshi juga menambahkan sebuah kaca di ujung tongsis untuk memudahkan si pengguna melihat objek bidikan.
Sayangnya, tongsis Hiroshi gagal laku di pasaran. Paten dari tongsis tersebut juga habis dan tidak diperbaruhi di tahun 2003 lalu. Oleh sebab itu, meskipun setelah 30 tahun ditemukan tongsis sangat populer, Hiroshi tidak menerima sedikitpun royalti dari penemuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar